Cara Gampang Menyiapkan Tongkol Balado yang Bisa Manjain Lidah

Tongkol Balado Bumbunya yang pedas nan gurih, membuat santap siang semakin berselera. Terlebih ikan jenis ini tidak memiliki tulang, sehingga tidak akan kesulitan saat dimakan. Ikan tongkol balado merupakan salah satu masakan yang mempunyai cita rasa pedas nan gurih, sangat cocok disajikan untuk menu makan siang agar semakin berselera.

Masakan Padang adalah nama yang digunakan untuk menyebut segala style masakan yang berasal berasal dari kawasan Minangkabau, provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Semua style masakan ini lebih tenar dengan sebutan masakan Padang. Meskipun sebetulnya bermacam resep masakan Sumatra Barat mayoritas tidak berasal dari kota Padang, bila kota Bukittinggi, Solok, Padang Pariaman, Payakumbuh, dan sebagainya terhitung dikenal mempunyai formalitas kuliner yang kaya. Rumah makan Padang atau rumah makan urang awak adalah sebutan untuk bisnis rumah makan yang khusus menyajikan masakan Padang di luar daerah.

Rumah makan Padang menawarkan keanekaragaman model masakan layaknya rendang, gulai tunjang, gulai gajebo, soto Padang, dendeng balado, ayam pop, dan gulai kepala ikan kakap disertai Samba Lado (dikenal sebagai Sambal Balado di area jawa)

Pembuatan Tongkol Balado sesungguhnya sama dengan pembuatan masakan padang pada umumnya. Namun perbedaan dari Tongkol Balado terdapat pada bahan dan cara pembuatannya. Lalu bagaimana cara membuat Tongkol Balado ? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Tongkol Balado yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari Tongkol Balado, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan tongkol balado enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah Tongkol Balado yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Tongkol Balado menggunakan 14 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Tongkol Balado:

  1. Ambil 1 ekor ikan tongkol.
  2. Siapkan 1 buah terong ungu.
  3. Sediakan Bahan sambal.
  4. Ambil 7 buah cabe merah keriting.
  5. Sediakan 3 buah cabe rawit merah.
  6. Ambil 4 siung bawang merah.
  7. Ambil 3 siung bawang putih.
  8. Gunakan Bahan pelengkap.
  9. Gunakan 2 lembar daun jeruk.
  10. Gunakan 2 lembar daun salam.
  11. Ambil 1 sdm saus tiram.
  12. Siapkan 1/2 sdt garam.
  13. Siapkan 1/2 sdt penyedap rasa.
  14. Siapkan Minyak untuk menumis bumbu.

Masakan ini merupakan salah satu menu yang biasa kita jumpai di rumah makan Padang, namun Anda bisa menghadirkan sendiri di meja makan rumah Anda dengan sesekali memasaknya sendiri di. Masakan ini sudah pernah di masakin,ini salah satu mm asakan tongkol balado terenak. Kalian harus coba di rumah Untuk lengkap nya silakan cek video sampai sel. tongkol suwir balado,tongkol balado pedas mantapp.cocok di padukan dengan nasi hangat dan lalapan,yang sangat menggugah selera makan. Barusan masak cue tongkol balado,ini salah satu menu lauk favorit karena masaknya cepet dan aweet disimpan dikulkas juga.

Langkah-langkah menyiapkan Tongkol Balado:

  1. Cuci bersih ikan tongkol yg sudah dipotong 4. Goreng dengan api kecil sampai matang. Sisihkan. Potong serong terong, goreng dan sisihkan. (Maaf terongnya lupa gak difoto).
  2. Haluskan semua bumbu sambal..
  3. Siapkan wajan, panaskan minyak. Tumis sambal dengan api kecil, masukkan semua bahan pelengkap. Tes rasa disini..
  4. Setelah sambal matang dan agak mengental masukkan ikan tongkol dan terong goreng. Aduk sampai sambal merata. Balado tongkol siap disajikan👌.

Jd waktu puasa gini gampang bgd kalo mau sahur atau buka tinggal keluarin dan angetin. Ini aku campur telur puyuh sedikit hehe Panduan Memasak Tongkol balado ala linda Yummy. in Seafood. Panduan Memasak Tongkol balado ala linda Yummy Cara Membuat Pindang Tongkol Balado Spesial Cara Membuat Pindang Tongkol Balado Spesial – Pindang yang anda ketahui selama ini adalah jenis pindang yang dibuat dari bahan dasar ikan yang utuh biasanya pindang bandeng, pindang layang dan jenis pindang lainnya. Lihat juga resep Tongkol Balado enak lainnya. KOMPAS.com – Ikan tongkol menjadi salah satu jenis ikan yang mudah ditemui di pasar tradisional.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan tongkol balado yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Terima kasih kakak Eka yang telah mau berbagi resep Tongkol Balado semoga bermanfaat untuk kita semua , silahkan di praktekan bisa untuk acara arisan atau apa saja , jangan lupa untuk berbagi ke kerabat melalui media sosial , misalnya facebook,twitter,whatsapp atau instagram

Langkah Mudah untuk Membuat Anyang (urap a la Padang) Anti Gagal
Langkah Mudah untuk Membuat Anyang (urap a la Padang) Anti Gagal
Masakan Padang adalah nama yang digunakan untuk
Resep Daun singkong bumbu padang plus sambel ijo, Sempurna
Resep Daun singkong bumbu padang plus sambel ijo, Sempurna
Ada beberapa pilihan nih,mau dimasak rendang/oblok-oblok/oseng-oseng/direbus aja

Top